Dinas DKP Galakan ForikanTingkatkan Konsumsi Ikan dengan Diversifikasi Produk Olahan Ikan

 


Ketua Forikan Sumbar Harneli Bahar didampingi Kadis DKP Sumbar Dr Ir Reti Wafda dan Sekretaris Dinas Resi Suriati SPi MSi akan menyicipi sajian menu peserta lomba masak serba ikan, di halaman gedung Rohana Kudus, Sabtu (31/8/2024). IST


PADANG, ---Tingkat konsumsi ikan di Sumbar masih di bawah nasional. Tahun 2023 lalu, angka konsumsi ikan di Sumbar mencapai 44,8 kg/kap/tahun. Sementara nasional tahun 2023 mencapai 55,27 kg/kap/tahun.


"Padahal, daerah ini memiliki wilayah laut yang luas. Tidak itu saja di daratan pun daerah ini memiliki kolam ikan, sungai dan danau," kata Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumbar Harneli Bahar di sela-sela peninjauan stan peserta lomba masak serba ikan dan lomba masak ikan gariang di halaman Gedung Rohana Kudus, Sabtu (31/8/2024).


Diketahui, lomba masak serba ikan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar ini diikuti 16 peserta dari Forikan kab kota se-Sumbar. Dan lomba masak ikan gariang diikuti 13 peserta umum dari perguruan tinggi, BUMN dan Forkopimda.


Ia mengatakan sama-sama diketahui, ikan merupakan salah satu sumber makanan yang tinggi zat gizi. Adapun zat gizinya, antara lain protein yang tinggi, omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12. Zat gizi yang terkandung dalam ikan bermanfaat meningkatkan kecerdasan dan kesehatan anak.


Baca juga: Ini Pemenang Lomba Masak Serba Ikan, Masak Ikan Gariang dan Mewarnai di Rakor Forikan

"Protein pada ikan juga bisa menjadi solusi penanganan persoalan kekurangan gizi pada anak, termasuk menekan kasus stunting," tutur Ketua Tim TP PKK Sumbar ini.


Ia melihat kondisi saat ini pada masyarakat atau generasi gen Z yang masih kurang menyukai ikan. Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri, bagaimana memunculkan daya tarik tersendiri dalam mengonsumsi ikan ini.

"Kami mengimbau para orang tua agar mengkreasikan atau mendiversifikasikan produk olahan ikan agar enak dikonsumsi dan menjadi daya tarik bagi anak Dengan harapan nantinya terjadi peningkatan konsumsi ikan," ucapnya.


Ia mencontohkan negara Jepang. Kecerdasan anak-anak negara Jepang salah satunya didorong oleh konsumsi ikan. "Inilah yang harus ditiru. Meski tidak dianjurkan mengonsumsi ikan mentah seperti di Jepang. Tapi mungkin pengolahan ikan dengan waktu tidak lama memasaknya. Jika pun diolah menjadi nugget atau bakso ikan, jangan sampai merusak gizi yang terkandung dalam ikan," harap Harneli.


Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Dr Ir Reti Wafda MTp. "Produk olahan ikan terus didorong untuk meningkatkan konsumsi ikan Sumbar. Diversifikasi produk olahan ikan diharapkan dapat menaikkan minat mengonsumsi ikan," tuturnya.


Ia mencontohkan ikan gariang. Sumbar memiliki banyak potensi ikan gariang. Semua sungai di Sumbar rata-rata ditemui ikan gariang. Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar dalam tiga tahun terakhir telah membantu 2 juta bibit ikan gariang.


Ketua Forikan Sumbar Harneli Bahar didampingi Kadis DKP Sumbar Dr Ir Reti Wafda dan Sekretaris Dinas Resi Suriati SPi MSi akan menyicipi sajian menu peserta lomba masak serba ikan, di halaman gedung Rohana Kudus, Sabtu (31/8/2024). IST


"Di situ juga ada kearifan lokal. Rata-rata di lubuak larangan memelihara ikan gariang. Dijaga oleh masyarakat dan ada kelompok pengawasannya. Ikan gariang ini senang dengan sungai bersih otomatis masyarakat enggan buang sampah di sungai," ucapnya


Makanya, tutur Reti, tahun ini pihaknya mengadakan lomba masak ikan gariang dengan peserta umum. Dan tetap mengadakan lomba masak serba ikan dengan peserta Forikan kabupaten kota di Sumbar.


Ia berharap melalui lomba masak ikan gariang ini akan muncul inovasi atau diversifikasi olahan pangan yang bisa dipasarkan secara luas. Contoh ikan bandeng yang di presto dan telah dipasarkan.


"Kan hampir sama dengan ikan gariang. Kita punya potensi banyak yang bisa dikembangkan. Nantinya orang suka ikan gariang, konsumsi ikan meningkat, ekonomi dapat dan sungai bersih," tukasnya. (*)

Sumber: arunala.com

Posting Komentar

0 Komentar